Sabtu, 21 Januari 2023

Hikmah Pemberian Daging Aqiqah Yang Sudah Dimasak

0 komentar

Terkait judul diatas. Pertama, menampakkan keutamaan makanan aqiqah. Makanan tersebut dihidangkan untuk dimakan para tetangga dan orang-orang miskin. Dianjurkan untuk dipotong dengan pemotongan yang baik, sempurna sesuai bagian anggota tubuhnya, serta jangan meremukkan tulangnya dan tidak boleh mengurangi anggota tubuhnya. Tidak diragukan lagi, bahwa perlakuan seperti ini termasuk pilihan yang paling mulia dan dikategorikan dalam bab kesungguhan dalam pemotongan daging.

Kedua, sebuah hadiah yang diberikan dalam bentuk yang paling mulia dan tidak menunjukkan ejekan, termasuk bentuk penghormatan kepada orang yang menerimanya. Sekaligus, termasuk bentuk penghormatan kepada orang yang menerimanya. Sekaligus menunjukkan kehormatan dan perhatian yang besar dari orang yang memberi. Dengan harapan agar di bayi kelak memiliki jiwa yang besar, motivasi yang kuat dan memiliki jiwa yang terhormat.

Ketiga, ketika kedudukan aqiqah adalah sebagai penebus, maka dianjurkan untuk tidak meremukkan tulangnya sebagai harapan agar anggota badan si bayi juga sehat dan tetap kuat. Yang mana harapan itu hilang bila tulang binatang yang menjadi penebus itu remuk. Juga bila tulangnya remuk, bagi sebagian orang yang tidak menyukainya, seakan sesuai dengan nama yang dibenci yaitu Al-Uquq (durhaka). Ketidaksukaan terhadap tulang yang remuk seakan setara dengan ketidak sukaan terhadap penamaannya, yaitu aqiqah. Wallahu a’lam.

Sumber: buku ISLAMIC PARENTING: hadiah cinta untuk si buah hati


0 komentar:

Posting Komentar

 
Jual Kambing Aqiqah Harga Murah | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates