Minggu, 21 Januari 2024

Cara Menghitung Hari Ketujuh Untuk Pelaksanaan Aqiqah

0 komentar

Belum tahu bagaimana cara menghitung hari ketujuh untuk waktu aqiqah anak anda? Yuk baca penjelasannya pada postingan ini.

Disebutkan dalam Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyah (30: 278), “Mayoritas ulama pakar fiqih berpandangan bahwa waktu siang pada hari kelahiran adalah awal hitungan tujuh hari. Sedangkan waktu malam tidaklah jadi hitungan jika bayi dilahirkan pada malam, namun yang jadi hitungan hari berikutnya.”

Kami kasih contoh ya, misalnya bayi anda lahir pada hari Rabu (06 Januari 2024) jam enam pagi, maka hitungan hari ketujuh sudah mulai dihitung pada hari Rabu. Berarti hari ketujuhnya jatuh pada hari Selasa (12 Januari 2024).

Namun jika bayi anda lahir pada Rabu (06 Januari 2024) jam enam sore, maka hitungan awalnya tidak dimulai dari hari Rabu, melainkan mulai dihitung hari Kamis. Sehingga hari ketujuh untuk waktu aqiqah bayi anda jatuh pada hari Rabu (13 Januari 2024 ).

Dari Samuah bin Jundub, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An-Nasai no. 4225, Ibnu Majah no 3165, Ahmad 5: 12. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih). Hari yang dimaksudkan adalah siang hari.

Baca selengkapnya di: https://rumaysho.com/11474-perhitungan-hari-ketujuh-untuk-waktu-aqiqah.html


0 komentar:

Posting Komentar

 
Jual Kambing Aqiqah Harga Murah | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates