Rabu, 11 November 2020

Pelaksanaan Aqiqah Ditempat Anak Lahir Atau Ditempat Orang Tua Berada

0 komentar
Pelaksanaan acara aqiqah ditempat anak itu lahir atau ditempat orang tua berada? Karena bisa jadi orang tua (bapaknya) sedang berada di luar kota saat hari pelaksanaan. 

Perkara mentransfer biaya ke tempat lain untuk aqiqah memang ada silang pendapat diantara para ulama, manakah yang lebih afdhal antara keduanya. Namun tetap cara seperti itu masih dikatakan sah. 

Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah berkata bahwa aqiqah itu bisa disamakan dengan zakat fitrah, boleh saja dikeluarkan ke luar daerah. Namun pilihan terbaik adalah aqiqah itu disembelih di tempat orang tua itu berada karena orang tua lah yang dituntut untuk melakukan aqiqah. Demikian yang disebutkan dalam Al-Fatawa Al-Kubra , 4: 257

Syaikh Ibnu Jibrin rahimahullah juga ditanya apakah aqiqah itu disembelih di negeri anak tersebut berada atau di negeri anak tersebut dilahirkan. Jawaban dari Syaikh rahimahullah, yang lebih afdhal aqiqah diselenggarakan di negeri tempat anak tersebut berada. Jika orang tua berada di tempat yang berbeda, biaya untuk aqiqah nantinya ditransfer dan penyembelihannya bisa diwakilkan pada orang lain. Lantas orang tua yang berbeda tempat tersebut mendoakan aqiqah tadi karena doa berkah sangat dibutuhkan oleh anak. 

Syaikh Albani rahimahullah ditanya, apakah disyariatkan aqiqah itu dilaksanakan ditempat anak tersebut dilahirkan. Jawabannya, tidak. 

Sumber: https://rumaysho.com/14063-aqiqah-di-tempat-anak-lahir-atau-orang-tua.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jual Kambing Aqiqah Harga Murah | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates