Rabu, 11 November 2020

Membagikan Masakan Dari Aqiqah Pada Hari Keenam

0 komentar

Banyak yang sudah mengetahui kalo aqiqah itu dilakukan pada hari ketujuh. Namun, mungkin ada sebagian anda yang belum paham yang dimaksud hari ketujuh pembagian masakannya atau penyembelihan hewan aqiqahnya. 

Dari Samuah bin Jundub, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama." (HR. Abu Daud no2838, An-Nasai no. 4225, Ibnu Majah no. 3165, Ahmad 5: 12. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih). 

Lihat kalimat hadist diatas: "disembelihkan untuknya pada hari ketujuh", Jadi yang dimaksudkan hari ketujuh ini adalah penyembelihannya. Perihal pembagian masakan aqiqahnya tidak masalah jika dilakukan pada hari kedelapan. 

Lalu, gimana jika ada penyedia jasa aqiqah yang menyembelih hewan aqiqah pada hari keenam, apakah tetap sah? Kalau melihat sahnya, penyembelihan hewan aqiqah sebelum hari ketujuh tetap sah yang penting setelah bayi lahir. Namun, sebaiknya penyembelihan hewan aqiqah dilakukan pada hari ketujuh, itu lebih utama. 

Sumber: https://rumaysho.com/14096-catering-aqiqah-pada-hari-keenam.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jual Kambing Aqiqah Harga Murah | © 2011 Design by DheTemplate.com and Theme 2 Blog

Find more free Blogger templates at DheTemplate.com - Daily Updates Free Blogger Templates